MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI

Authors

  • ABDUL MUID IAI QOMARUDDIN GRESIK
  • SUHERMAN IAI QOMARUDDIN GRESIK

Keywords:

Fungsi Manajemen, Pendidikan Karakter, Pondok Pesantren

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan fungsi manajemen pendidikan karakter santri di Pondok Pesantren Al-Furqon Wedoroanom driyorejo Gresik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis etnografi. Analisis data menggunakan model Spradley (1980) yaitu; domain, taksonomi, komponen makna dan tema budaya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan karakter santri dilakukan oleh kiai, ustad, dan pengurus terkait penentuan kebutuhan, alasan program, subjek dan objek, waktu, tempat, dan cara realisasi program. Pengorganisasian pendidikan karakter santri mencakup pengelolaan ketenagaan, sarana dan prasarana, serta pengelolaan tugas dan tanggung jawab aktor. Pengkoordinasian pendidikan karakter santri dilakukan dengan cara musyawarah bersama aktor terkait. Pelaksanaan pendidikan karakter santri dilakukan dengan menggunakan metode kasbi, tazkiyyah, teladan, motivasi, peraturan, dan pembiasaan. Penilaian pendidikan karakter santri menggunakan penilaian raport, haliyah, serta penilaian masyarakat termasuk alumni Pondok Pesantren.

Downloads

Published

2021-06-18

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>