Tujuan dan Ruang Lingkup Sejarah Pendidikan Islam

Authors

  • ABDUL MUID UNIVERSITAS QOMARUDDIN BUNGAH GRESIK
  • Hikmah Nur Indah Irawati UNIVERSITAS QOMARUDDIN BUNGAH GRESIK

Keywords:

Sejarah, Pendidikan, Islam, Pengembangan

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan tentang konsep dasar sejarah, pendidikan, dan Islam serta hubungannya dalam pendidikan Islam. Sejarah, yang berasal dari bahasa Arab "tarikh" dan bahasa Inggris "history", meneliti peristiwa masa lalu untuk memahami masa kini dan masa depan. Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan perilaku melalui pengajaran, sementara pendidikan Islam membentuk pribadi Muslim yang baik dengan mengarahkan perkembangan jasmani, rohani, dan akal. Sejarah pendidikan Islam mencakup pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam, baik informal maupun formal. Metode penelitian sejarah pendidikan Islam melibatkan pendekatan lisan, observasi, dan dokumentasi dengan pendekatan deskriptif, komparatif, dan analisis sintesis. Kegunaan sejarah pendidikan Islam mencakup aspek umum dan akademis, memberikan wawasan tentang perkembangan pendidikan Islam serta inspirasi untuk menghadapi tantangan pendidikan masa kini. Fungsi sejarah meliputi pendidikan moral, penalaran, politik, kebijakan, perubahan, masa depan, keindahan, dan sebagai ilmu bantu. Sejarah pendidikan Islam membantu menumbuhkan perspektif baru dan relevansi dalam perkembangan ilmu dan teknologi.

References

A, Mustafa. (1999). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Asari, Hasan. (2018). Sejarah Pendidikan Islam Membangun Relevansi Masa Lalu dengan Masa Kini dan Masa Depan. Medan: Perdana Mulya Sarana.

Herman. (2022). Sejarah Pendidikan Islam. Sulawesi Tenggara: SulQa Press, IAIN Kendari.

Niswah, Choirun. (2022). Sejarah Pendidikan Islam. Palembang: Noer Fikri Offset.

Shafwan, M. Hambal. (2019). Intisari Sejarah Pendidikan Islam(Mengenal dan Meneladani Proses dan Praktek Tarbiyah dan Dakwah Sejak Diutusnya Rasul saw Hingga Kemerdekaan Indonesia). Sukaharjo: CV. Pustaka Arafah.

Zuhairini, dkk. (1997). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Additional Files

Published

2024-06-02

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>