Situasi Sosial Dan Pendidikan Masyarakat Arab Sebelum Islam

Authors

  • ABDUL MUID UNIVERSITAS QOMARUDDIN BUNGAH GRESIK
  • Salwa UNIVERSITAS QOMARUDDIN BUNGAH GRESIK

Keywords:

Situasi Sosial, Pendidikan, Arab, Pra-islam

Abstract

Situasi sosial dan pendidikan masyarakat Arab sebelum masuk Islam, yang sering kali kita kenal sebagai masa Jahiliyah, ditandai oleh sejumlah karakteristik yang mencerminkan ketidakstabilan dan keterbatasan dalam kedua aspek sosial dan pendidikan. Secara sosial, masyarakat Arab pra-Islam terdiri dari suku-suku yang independen dan sering kali mengalami konflik antar satu sama lain, dengan sistem hukum yang berdasarkan pada balas dendam dan kekuatan. Kehidupan sosial didominasi oleh patriarki yang kuat, di mana hak-hak perempuan sangat terbatas dan sering kali diabaikan serta sering kali mengalami penindasan, orang arab pra-islam memiliki kebiasaan seperti mengubur bayi perempuan hidup-hidup dan menjadikan Perempuan seperti budak serta tidak memperbolehkan Perempuan untuk berpendidikan. Dari segi ekonomi, masyarakat mayoritas adalah penggembala dan pedagang, dengan Mekah sebagai pusat perdagangan penting karena Ka'bah yang dianggap suci.
Dalam aspek pendidikan, masyarakat Arab pra-Islam tidak memiliki sistem pendidikan formal yang terstruktur, akan tetapi generasi selanjutnya telah di siapkan dan di ajarkan untuk bertahan hidup di daerah gurun, baik dalam pendidikan berburu, bercocok tanam, serta melihat arah angin dan Bintang. Pendidikan pra-islam juga didominasi oleh tradisi lisan, di mana puisi dan cerita-cerita disampaikan dari generasi ke generasi. Masa pra-islam tulisan belum tersebar luas dikarenakan sebagian besar masyarakat buta huruf. Nilai-nilai dan pengetahuan disampaikan melalui majelis-majelis suku dan tradisi lisan yang kuat, namun akses terhadap pengetahuan ini terbatas pada kalangan tertentu seperti penyair dan pemimpin suku serta golongan bangsawan. Dengan demikian, situasi sosial dan pendidikan pada masa ini menunjukkan adanya kesenjangan yang signifikan dan keterbatasan yang menjadi tantangan besar sebelum kedatangan Islam yang membawa perubahan mendasar dalam kedua bidang tersebut.

References

Nasution, Gusniarti, Nabila Jannati, Violeta Inayah Pama, dan Eniwati Khaidir. “Situasi Sosial Keagamaan Masyarakat Arab Pra Islam.” TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran Dan Isu-Isu Sosial 1, no. 1 (2022): 85–101.

Nata, M.A, Prof. Dr. H. Abuddin. Sejarah Pendidikan Islam. 1 ed. Jakarta: Fajar Interpratama Offset, 2011.

Pulungan, M.A, Prof. Dr. H. J. Suyuthi. Sejarah Peradaban Islam. 1 ed. 1. Jakarta: Amzah, 2018.

Satir, Muhammad. “Kehidupan Sosial Masyarakat Arab Masa Awal Kehadiran Pendidikan Islam.” Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2019): 39–48.

Additional Files

Published

2024-06-02

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>