Pendidikan Pada Zaman Rasulullah SAW

Authors

  • ABDUL MUID UNIVERSITAS QOMARUDDIN BUNGAH GRESIK
  • Roudlotul Rahma Aulia UNIVERSITAS QOMARUDDIN BUNGAH GRESIK

Keywords:

Pendidikan, Rasulullah

Abstract

Pendidikan Islam pada zaman Rasulullah, yang merupakan masa krusial dalam sejarah Islam. Pendidikan ini ditandai dengan pengajaran yang langsung dari Nabi Muhammad SAW kepada para sahabatnya, mengedepankan pemahaman Al-Quran sebagai sumber utama ajaran, dan hadis sebagai panduan praktis. Metode pengajaran yang diterapkan melibatkan pembelajaran secara interaktif dan kontekstual, sering kali terjadi dalam lingkungan informal seperti majelis-majelis diskusi dan kesempatan belajar langsung dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan Islam pada masa Rasulullah juga menitikberatkan pada pembentukan karakter moral yang kuat, menekankan nilai-nilai seperti kejujuran, keadilan, dan kasih sayang sebagai landasan utama dalam mengembangkan masyarakat yang berakhlak mulia dan berbudaya.

References

Al-Mubarakfuri, Shafiyurrahman. Ar-Rahib al-Makhtum, ter Hanif Yahya, Perjalanan Hidup Rasul yang Agung. Jakarta: Mulia Sarana Press. 2001.

Hitti, Philip K History Of Arabs. Terj Cecep Lukman Yasin dan Dedi Slamet Riyadi. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta. 2006.

Mufrodi, Ali. Islam di Kawasan Kebudayaan Arab.Jakarta: Logos. 1997.

Munir, Samsul. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Amzahlm. 2016.

Nata, Abuddin. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana. 2011. Pendidikan Islam Perspektif Hadits. Ciputat: UIN Jakarta Press. 2005.

Nizar, Samsul. Sejarah Pendidikan Islam Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai di Indonesia. Jakarta: Kencana. 2011.

Rasyidah, Annisa. (2020). Pendidikan Pada Masa Rasulullah SAW Di Makkah dan Di Madinah : Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam, 2(1).

Sjalabi, Ahmad. Tarichut Tarbiyah Al-Islamiyah, ter Muchtar Yahya, Sejarah Pendidikan Islam,. Jakarta: Bulan Bintang. 1989.

Sunanto, Musyrifahlm. Sejarah Islam Klasik Perkembangan Ilmu Pengetahuan Islam. Jakarta: Prenada Media. 2003 .

Zuhairini, dkk.. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Proyek pembinaan Prasarana dan Sarana Perguruan Tinggi. 1986

Additional Files

Published

2024-06-02

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>