Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Model Pembelajaran Reflektif

Authors

  • ABDUL MUID IAI QOMARUDDIN GRESIK
  • Hamdani MTs WAHID HASYIM Gelap Laren Lamongan

Keywords:

Model Pembelajaran Reflektif, Implementasi Pendidikan Karakter

Abstract

Pendidikan karakter ditempatkan sebagai landasan untuk mewujudkan visi pembangunan nasional, yaitu mewujudkan masyarakat berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya, dan beradab berdasarkan falsafah Pancasila. Hal ini sekaligus menjadi upaya untuk mendukung perwujudan cita-cita sebagaimana diamanatkan dalam Pancasila dan Pembukaan UUD 1945.Di samping itu, berbagai persoalan yang dihadapi oleh bangsa kita dewasa ini makin mendorong semangat dan upaya pemerintah untuk memprioritaskan pendidikan karakter sebagai dasar pembangunan pendidikan.Semangat itu secara implisit ditegaskan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) tahun 2005-2025, di mana Pemerintah menjadikan pembangunan karakter sebagai salah satu program prioritas pembangunan nasional. :
1).Bagaimana Strategi pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Karakter di MTs Wachid Hasyim Gelap LarenLamongan ? 2). Bagaimana penerapan ModelPendidikan Melalui Pembelajaran Reflektif di MTs Wachid Hasyim Gelap LarenLamongan?, 3). Faktor – faktor pendukung /penghambat pendidikan karakter, dengan model reflektif?
Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu "suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa tulisan dan prilaku yang dapat diamati dari subyek itu sendiri.Lokasi penelitian ini di MTs Wachid Hasyim Gelap Laren Lamongan yang menjadi sampel/obyek penelitian adalah siswa, Teknik Pengumpulan Data. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif dengan membuat gambaran yang dilakukan dengan cara (1) reduksi data atau penyederhanaan (data reduction), (2) paparan/sajian data (data display), dan (3) penarikan kesimpulan.

Downloads

Published

2021-06-17

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>