PENGEMBANGAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI RUTINITAS RELIGIUS PEMBACAAN RATIBUL HADDAD,ISTIGHOSAH DAN TAHLILDI MTs IRSYADUL ATHFAL JATIREMBE BENJENG GRESIK

Authors

  • ABDUL MUID IAI QOMARUDDIN GRESIK

Keywords:

Pengembangan Karakter Disiplin, Rutinitas Religius, Ratibul Haddad, Istighosah dan Tahlil

Abstract

Pengembangan karakter disiplin siswa ini penting dan perlu dilaksanaan mengingat banyaknya problem-problem yang dihadapi Madrasah tidak selalu memiliki solusi yang tepat. Salah satu diantara nilai yang terdapat dalam pendidikan karakter adalah nilai religius. Dimana nilai religius disini adalah sebuah dasar atau pondasi yang harus diterapkan kepada setiap anak sejak dini. Karena nilai religius seharusnya menjadi landasan utama setiap individu dalam kehidupan sehari-hari untuk tidak terpengaruh oleh keadaan yang kurang baik, sehingga bisa menjalankan ibadah dengan baik. Salah satu lembaga pendidikan Islam yang telah melakukan kegiatan religius adalah MTs Irsyadul Athfal yaitu dengan melaksanakan kegiatan pembacaan Ratibul haddad, istighosah dan tahlil secara rutin, pada setiap hari sebelum dimulainya jam pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan karakter disiplin siswa melalui rutinitas religius pembacaan Ratibul Haddad, Istighosah dan Tahlil di MTs Irsyadul Athfal Jatirembe Benjeng Gresik, (2) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter kedisiplinan yang dikembangkan melalui rutinitas religius pembacaan Ratibul Haddad, Istighosah dan Tahlil di MTs Irsyadul Athfal Jatirembe Benjeng Gresik.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpilan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berkaitan dengan objek penelitian. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengembangan karakter disiplin siswa melalui rutinitas religius pembacaan Ratibul Haddad, Istighosah dan Tahlil yaitu (a) siswa berdoa dan bertawasul kepada Nabi Muhammad SAW, para sahabat, tabi’in, aulia, (b) Membaca Ratibul Haddad, Istighosah dan Tahlil yang dibaca sesuai jadwal bacaan hari itu, (c) Doa penutup dan bermushofahah. (2) Nilai-nilai karakter kedisiplinan yang dapat dikembangkan melalui rutinitas religius adalah (a) Disiplin Waktu, (b) Disiplin Mematuhi Aturan, (c) Disiplin Bersikap, (d) Disiplin Menjalankan Ibadah.

Downloads

Published

2020-12-28

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>