Peranan Pendidikan Islam terhadap Pembebasan Manusia

Authors

  • Abdul Mu'id IAI QOMARUDDIN GRESIK
  • Abdus Salam IAI QOMARUDDIN GRESIK

Abstract

Masalah yang menjadi kajian dalam tesis yang berjudul Peranan Pendidikan Islam terhadap Pembebasan Manusia ini adalah : 1. Bagaimana peranan pendidikan Islam terhadap pembebasan manusia untuk pengembangan kreativitas anak, 2. Bagaimana peranan pendidikan Islam terhadap pembebasan manusia dari kemiskinan.
Dalam Islam, salah satu tugas utama negara adalah menciptakan keadilan di kalangan masyarakat, mengajak berbuat kebaikan, serta menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar. Bukanlah suatu keadilan dan kebaikan bila kaum dhuafa serta kaum miskin dibiarkan terlantar tanpa sandang, pangan, dan papan. Padahal mereka hidup di tengah masyarakat berada yang memiliki kelebihan harta dan mampu membantu mereka.
Dalam persepsi Islam, negara harus menggunakan berbagai sarana untuk menghapuskan kemiskinan dan menjamin kehidupan yang layak bagi warganya. Dengan demikian terciptalah solidaritas Islam dalam suatu masyarakat. Berbagai sarana dan cara ini berbeda seusia dengan situasi, kondisi dan lingkungan masing-masing. Hal ini terpulang keada ijtihad para ahli dan aparat penguasa dalam masyarakat Islam.
Berkenaan dengan itu, dalam kepustakaan (Library Research) ini digunakan metode induktif, deduktif dan deskripsi.Dalam riset ini disimpulkan bahwa peranan pendidikan Islam adalah pendidikan yang idealis yakni pendidikan yang integralistik, humanistik, pragmatik dan pendidikan yang berakar budaya kuat. Kemudian pada tatanan berikutnya disimpulkan bahwa manusia menurut Islam adalah makhluk ciptaan Allah yang tersusun atas badan dan ruh dengan kelengkapan fitrahnya, sehingga pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa peranan pendidikan Islam sangat besar sekali dalam pembebasan manusia dari belenggu kreativitas anak dari kemiskinan.

Additional Files

Published

2021-12-28

Issue

Section

Articles